Update Soal SNMPTN 2021, Ini Cara Registrasi Akun Siswa di Ltmpt.ac.id

Peserta SNMPTN tengah mengikuti tes. (dok UNP Padang) ||


JAKARTA-SARERHEA.COM, Kabar terbaru seputar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di tahun 2021.


Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)  baru saja menggelar webinar terkait pelaksanaan SNMPTN 2021. Ada beberapa poin penting yang dihasilkan.


Baca juga: Ini Syarat dan Jadwal SNMPTN 2021, Yuk Siap-Siap!


Pertama pendaftaran akun LTMPT untuk SNMPTN telah dibuka hari ini, Senin (4/1/2020). Pendaftaran bisa melalui www.portal.ltmpt.ac.id.


Terdapat perbedaan atau kebijakan baru pada seleksi SNMPTN 2021 ini, dibanding seleksi SNMPTN 2020. Perbedaan itu yakni pada penentuan kuota SNMPTN 2021.


"Perbedaan mendasar di SNMPTN 2021 berkaitan dengan penentuan kuota yang sudah kami lakukan sejak awal. Tanggal 28 [Desember 2020] kemarin kami sudah mengumumkan SMA-SMA dan lain-lain itu berapa jumlah kuota untuk setiap jurusan pada setiap sekolah yang ada di seluruh Indonesia," kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohammad Nasih.


Menurutnya jika saat SNMPTN 2020, semua siswa akan dimasukkan ke data LTMPT sehingga pada akhirnya ada jutaan data yang masuk.


"Dulu ada jutaan data yang masuk pada kami sementara pada proses berikutnya kami harus nge-cut hanya 40 persen yang akreditasi A dan lain-lain, itu memerlukan proses sendiri," kata Prof Mohammad Nasih dikutip dari Tirto.id.


Sedangkan kebijakan baru ini, LTMPT mengimbau agar pihak sekolah sudah mengetahui berapa yang eligible sehingga melakukan persiapan dari sejumlah tersebut siapa-siapa saja dan nilainya cukup dan masuk dalam daftar kuota 40 persen tersebut.


Adapun timeline SNMPTN adalah sebagai berikut ini:

  • Keycap digit one Kuota SNMPTN, 28 Desember 2020 (sekolah wajib liat data kuotanya)
  • Keycap digit two Masa sanggah kuota sampe 15 Januari 2021
  • Keycap digit three Registrasi akun LTMPT 4 Januari-1 Februari 2021
  • Keycap digit four Isi PDSS & penetapan siswa eligible 11 Januari-8 Februari 2021
  • Keycap digit five Daftar SNMPTN 15-24 Februari 2021


Sedangkan alur registrasi & verifikasi akun siswa adalah dengan langkah ini

  • Unduh melalui https://ltmpt.ac.id 
  • Keycap digit one Siswa daftar akun pake NISN, NPSN & tanggal lahir
  • Keycap digit two Aktivasi pake akun email
  • Keycap digit three Siswa melakukan verifikasi & validasi akun


Pada tahun 2021, perguruan tinggi negeri (PTN) akan menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur yakni SNMPTN dengan kuota minimum 20 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota minimum 40 persen, dan seleksi mandiri dengan kuota maksimum 30 persen.

Penerimaan mahasiswa dari jalur SNMPTN dilaksanakan berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri.


Editor: Talhah L.A

Post a Comment

Previous Post Next Post