Ini Syarat dan Jadwal SNMPTN 2021, Yuk Siap-Siap!

Persiapan mengikuti SBMPTN (dok.Dialeksis.com) || 

JAKARTA-SARERHEA.COM, Sosialisasi pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) tahun 2021 kembali digelar oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( LTMPT).


LTMPT dalam laman resminya di https://ltmpt.ac.id/ mendeskripsikan sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.


Baca juga: Situs Berita Tribunnews Kena Hack, Peretas Sempat Tulis Pesan Galau


Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita.


Seperti dilansir dari laman Kompas.com, Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo membeberkan soal pelaksanaan SNMPTN, UTBK serta SBMPTN yang bisa diikuti di 2021.


Namun pastikan setelah ikut LTMPT dan ingin ikut SNMPTN 2021 harus memperhatikan syarat dan jadwal seperti ulasan di bawah ini.


SNMPTN 2021 katanya dapat diikuti oleh siswa SMA/ MA/ SMK kelas 12 pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul dengan empat syarat.


Pertama, siswa yang mempunyai prestasi akademik serta mengikuti dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh tiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN).


Kedua, siswa yang ingin mengikuti SNMPTN, UTBK, serta SBMPTN diwajibakna mempunyai Nomor Induk SIswa Nasional (NISN) tak hanya itu harus juga terdaftar dari PDSS.


Persyaratan ketiga yang harus dipenuhi. Siswa memiliki nilai rapor dari semester 1-5. Nilai rapor itu harus telah teregis di PDSS.


Keempat, portofolio harus disertakan bagi peserta yang memilih prodi bidang seni dan olahraga. Portofolio itu kemudian diunggah di laman yang sudah ditentukan.


Sebagai informasi, registrasi akun LTMPT bakal bergulir sejak 4 Januari – 1 Februari 2020.


Tak hanya siswa, pihak sekolah diharuskan pula memenuhi sejumlah persyaratan, yakni memiliki NPSN, mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), dan jumlah siswa yang bisa didaftarkan ditentukan oleh akreditasi sekolah.


Ketua LTMPT Mohamad Nasih mengimbau sekolah untuk segera melihat keterbaruan data di Pusadatin/ Dapodik sebelum 23 Desember 2020 terkait akreditasi maupun jumlah siswanya.


Baca juga: Simak! Ini 4 Syarat Guru Honorer Dapat BLT Rp1,8 Juta dari Pemerintah


Meski di tengah pandemi, SNMPTN akan tetap digelar bagi para siswa jenjang SMA dan MI yang ini masuk ke PTN. Adapun jadwal atau linimasa SNMPTN yang perlu diketahui para calon peserta adalah sebagai berikut:


Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2021: 4 Januari 2021 Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari – 1 Februari 2021 Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari – 8 Februari 2021 Pengisian PDSS: 11 Januari – 8 Februari 2021 Pendaftaran SNMPTN: 15 – 24 Februari 2021 Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021.



Mengingat banyaknya persyaratan serta jadwal yang padat dalam pelaksanaan SNPMTN 2021, ada baiknya diperisapkan dari sekarang segala sesuatunya. Namun jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga dan tidak begadang sampai pagi. Serta berdoa pada Tuhan YME. Semangat teman-teman!


Kontributor: Sarerhea.com

Editor: Talhah L.A

Post a Comment

Previous Post Next Post