Tak Bisa Nonton dan Unggah Video, Netizen Lempar Tagar #YoutubeDOWN

Ilustrasi tampilan Youtube di smartphone. (dok. The Independent) ||


JAKARTA-SARERHEA.COM, Keresahan dialami para warganet yang mengakes situs berbagi video populer Youtube, Senin (14/12/2020). Pasalnya situs dan aplikasi yang berada di bawah naungan Google itu mengalami tumbang.


Tumbang atau downnya Youtube dirasakan sekitar pukul 19.00 WIB. Saat mengakes laman tersebut di laptop, tim sarerhea.com menemukan tulisan something went wrong beserta gambar kera berwarna ungu. Sementara di smartphone tak tampak video yang biasanya kerap muncul di beranda.


Baca juga: Twitter Luncurkan Fleets yang Mirip Instagram Stories, Nekat?


Adapun pihak YouTube pun telah memberi tanggapan terkait tumbang atau downnya situs mereka  melalui akun Twitter resminya @youtube.


 "Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube. Tim kami telah menyadari dan tengah menyelidiki. Kami akan mengabari Anda di sini segera setelah mendapat lebih banyak berita" tulis akun Twitter milik Youtube seperti dilansir dari laman Kompas.com.


"Kiran internet rumah down, ternyata #YouTubeDOWN," cuit pemilik akunTwitter @periukberdansa.


"Buka youtube tiba-tiba gini, langsung buka Twitter, Twitter jalan ninja ku untuk tidak kudet, info Twitter tu lebih jelas, mangkanya lebih suka buka Twitter #YouTubeDOWN," kata akun @mudrikatanjung.


"Karena #YouTubeDOWN emak saya yang lagi ngikutin tutorial buat risoles terhenti di tengah jalan. Alhasil di lanjutin tanpa melihat tutorial dan jadilah es kepal Milo." celoteh akun @RassidAffandi.


Tak hanya Youtube, rupanya sejumlah situs atau aplikasi di bawah naungan Google mengalami down pada saat yang hampir bersamaan.


Berdasarkan penelusuran menggunakan down detektor setidaknya ada 1657 laporan yang menyebutkan Gmail down. 80% laporan dari pengguna mengatakan tentang mereka tak bisa melakukan login ke akun Gmail sementara sisanya sebanyak 11% tak dapat melakukan pencarian terkait di mesin pencari Google.com.


Baca juga: Ade Londok Dihujat Netizen Usai Berkata Kasar Kepada Pengendara Sepeda Motor yang Bonceng Anak


Tak hanyai itu, laman downdetector.id seperti dilansir dari cnbcindonesia.com juga menyatakan jika laporan terbanyak terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Sebanyak 955 laporan yang menyebut situs berbagi video populer YouTube down.


Sebagai tambahan informasi, bukan kali ini saja  bukan pertama kalinya layanan Google mengalami tumbang. Pada pertengahan November lalu, YouTube juga sempat dilaporkan bermasalah dan tidak dapat diakses.


Kontributor: Sarerhea.com

Editor: Talhah L.A

Post a Comment

Previous Post Next Post