Menilik Perkembangan Blogger di Indonesia Hingga Sejarah Hari Peringatannya

Ilustrasi blogger. (pexels.com)


JAKARTA-SARERHEA.com, Tanggal 27 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Peringatan ini sendiri digagas dan dicanangkan oleh Menkominfo Kabinet Indonesia Bersatu, Muhamad Nuh pada 2007 lalu.



Dikutip dari laman startbloggingonline.com, blog mirip dengan situs web. Blog adalah buku harian atau jurnal yang umumnya dikelola secara pribadi oleh individu disebut blogger. 


Meski awalnya bersifat personal, namun tren akhir-akhir ini banyak blog yang juga yang dimiliki dan dikelola  korporat.


Konsep blog pertama kali diperkenalkan oleh Blogger.com dari PyraLab. Seiring berjalannya waktu Blogger.com  kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. 


Dilansir dari The Guardian, PyraLab juga dibeli Google dengan nilai yang tidak diungkapkan pada 15 Februari 2003, setelah empat bulan negosiasi.  Sejak saat itu, banyak aplikasi-aplikasi bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog mereka. 



Dilansir dari Antaranews.com dan diolah Tirto.id, jumlah blogger di Indonesia hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air, sebagaimana diutarakan Matahari Timoer, blogger senior sekaligus Ketua Blogger Camp 2015 pada Oktober 2015.



Seiring perkembangan internet yang semakin masif dan jaringan seluler yang sudah masuk ke penjuru wilayah Indonesia, jumlah Blogger dipastikan terus meningkat.



Di media sosial Facebook, bertebaran grup yang membahas serba-serbi blog. Para blogger membuat blog selain untuk menuangkan tulisan, gagasan, berbagi informasi, tujuan lainnya adalah untuk mendapatkan penghasilan.


Zoom Keluarkan Fitur Terbaru, Pengguna Bisa Dapat Uang dari Acara Virtual


Beragam cara menghasilkan pundi-pundi Rupiah dari blog. Dapat berupa kerjasama dengan instansi atau pribadi, memasang slot iklan, yang paling banyak adalah kerjsamasa dengan Google dalam bentuk layanan Adsanse.


TikTok Paling Banyak di Instal Saat Masa Pandemi, Ungguli Zoom dan Facebook


Banyak blogger yang juga berhasil menjadi penulis terkenal diantaranya Raditya Dika dan Bena Kribo. 


Meski kini warganet cenderung menyukai platform video seperti Youtube hingga banyak bermunculan vlogger, bukan berarti perkembangan blogger di tanah air surut.


Selamat hari blogger, teman-teman!


Reporter: Sarerhea.com

Editor : Talhah L.A


Post a Comment

Previous Post Next Post