Gempa Bumi Magnitudo 3,7 Goyang Bayah-Banten Selasa Pagi

Gempa 3,7 guncang wilayah Bayah, Provinsi Banten. (twitter/infoBMKG) || 


BANTEN-SARERHEA.com, Gempa bumi mengguncang wilayah Bayah, Provinsi Banten. Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 3,7 itu menggancang wilayah tersebut Selasa (27/10/2020) sekitar pukul 07.11 WIB.



Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3.7. Episenter terletak pada koordinat 6.98 LS dan 106.33 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 10 km Tenggara Bayah-Banten pada kedalaman 9 kilometer.


Gempa Bumi Magnitudo 5,9 Guncang Pangandaran, Terasa Hingga Tasik dan Bandung



Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Bayah Timur.



Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Cilograng, Panggarangan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. 



Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Di Bayah dengan Skala Intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).


Pasca Banjir di Griya Cimanggu Indah, BPBD Kota Bogor Keruk Material Longsor yang Sumbat Aliran Air Sungai


“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” kata Hendro Nugroho



Hingga pukul 07:55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Gempa ini menjadi yang kedua dalam sepekan terakhir. Pada tanggal 22 Oktober 2020 gempa mengguncang wilayah Bayah dengan magnitudo 2,6.


Reporter : Sarareha,com

Editor : Talhah L.A

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form