Zoom Keluarkan Fitur Terbaru, Pengguna Bisa Dapat Uang dari Acara Virtual

Zoom meeting segera bisa dimonetasi. (ist) ||


AMERIKA SERIKAT-SARERHEA, Pengguna Zoom kini dapat memonetasi atau mendapatkan penghasilan dari aplikasi pertemuan virtual tersebut. Baru-baru ini Zoom meluncurkan OnZoom. 


OnZoom sendiri diketahui merupakan  fitur untuk menjadwalkan dan memonetisasi acara virtual. Tak lupa, ada pula fitur mengintegrasikan panggilan Zoom dengan aplikasi bisnis.


Dilansir dari laman The Verge, Jumat (16/10/2020), dengan OnZoom, pengguna dapat mengumpulkan pundi-pundi uang dari acara virtual dengan berbagai kategori. Mulai dari kelas masak hingga komedi.


"Secara garis besar, konsepnya sama seperti mengadakan acara dengan penjualan tiket, pembatasan peserta, hingga penetapan waktunya," dalam rilis yang dikeluarkan The Verge terkait monetasi akun Zoom itu.


Lantas bagaimana mendapatkan cuan dari Zoom? Untuk membuat acara virtual berbayar di OnZoom, pengguna membutuhkan akun berbayar dan sistem pembayaran PayPal atau kartu kredit.


Namun sayangnya, untuk saat ini, OnZoom versi uji coba baru tersedia bagi pengguna di Amerika Serikat (AS). Pihak perusahaan berjanji akan mengembangkan OnZoom  secara global pada 2021.


Pengguna juga bisa mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga dalam acara virtual di OnZoom. Salah sat aplikasi yang dapat terintegrasi dengan OnZoom ialah Kahoot, platform kuis daring.


Sementara itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh Arus Survei Indonesia, bersama Google Classroom, Zoom menjadi aplikasi paling populer selama penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Terkait penggunaan media video call dalam pembelajaran daring, mayoritas publik menggunakan aplikasi Zoom (57,2 persen), disusul Google Meet (18,5 persen), Cisco Webex (8,3 persen), U Meet Me (5,0 persen), Microsoft Teams (2,0 persen). Sisanya, 6,9 persen memilih tidak tahu atau tidak menjawab. (kom/red/tal)



Post a Comment

Previous Post Next Post