Cara Ternak Ayam Jawa Cepat Panen Terbaru, Asal Telaten Dijamin Untung Besar Lur!

cara ternak ayam jawa
Ilustrasi. Cara ternak ayam Jawa agar cepat panen dan untung besar wajib dicoba pengusaha. (Unsplash.com/Dzulkifli Lantana) ||



SARERHEA.COM-- Dijamin untung besar, simak cara ternak ayam Jawa  yang penting diketahui bagi sobat yang ingin menjajal bisnis di bidang peternakan.

Ayam Jawa menjadi salah satu jenis ayam yang menjadi primadona para peternak unggas. Harganya yang cukup tinggi jika dijual dan peminatnya yang banyak, tak heran jika jadi primadona.

Namun untuk menggeluti cara ternak ayam Jawa agar cepat panen dan dapat hasilnya butuh ketelatenan. Meski harus ulet, bukan berarti sulit melakukan ternak ayam satu ini.

Baca Juga: 3 Cara Hubungi Kurir Anteraja Terbaru 2023, Lakukan saat Paket Belum juga Sampai

Pemilihan Bibit yang Tepat dan Pakan Sesuai

Dua langkah awal yang perlu diketahui soal cara ternak ayam Jawa agar cepat panen adalah terkait pemilihan bibit serta kesesuaian dalam memberikan pakan.

Terkait pemilihan bibit, pastikan untuk mendapatkan bibit yang sehat sehingga kelak bisa menjadi ayam Jawa yang unggul. Selain sehat, pastikan juga jika bibit ayam tidak cacat.

Karena jika cacat, akan susah menjadi ayam kualitas unggul meski telah diberi pakan terbaik juga vitamin. Disarankan untuk riset dan survei dimana bisa mendapatkan bibit terbaik.

Baca Juga: Cara Ternak Jangkrik di Ember yang Efektif dan Mudah, Pemula Bisa Coba di Rumah

Pastikan Lingkungan Kandang Bersih

Agar pertumbuhan ayam Jawa optimal, satu yang harus diperhatikan lagi adalah keadaan kandang. Dimana kandang harus bersih dengan ventilasi juga cukup.

Kandang usahakan jangan sampai terlalu banyak kotoran dan selain itu keadaan pun jangan sampai terlalu lembab. Sediakan juga tempat untuk berjemur ayam agar terpapar sinar matahari pagi.

Kebersihan lingkungan kandang harus diperhatikan maksimal agar tempat pertumbuhan ayam tidak banyak jamur. Pencahayaan juga harus optimal. Coba gunakan lampu yang terang agar ayam tak merasa sumpek.

Baca Juga: Cara Setting HP Gojek agar Orderan Cepat Masuk Driver Wajib Tahu, NGEBID LANCAR Jaya!

Pengelolaan Populasi

Menghindari overpopulasi, pastikan sebelum memulai beternak untuk mempertimbangkan berapa jumlah ayam Jawa yang akan diternakan dan berapa kali panen dalam setahun.

Overpopulasi harus dihindari agar ayam Jawa tidak stres. Selain itu agar penggunaan kandang benar-benar tepat sasaran. Pengelolaan populasi juga bertujuan agar ayam terhindar dari resiko penularan penyakit.

Tak ada salahnya juga bertanya atau meminta saran dari peternak yang sudah sukses dalam usaha ternak ayam Jawa agar dapat menentukan waktu panen yang tepat.

Demikian tadi tentang cara ternak ayam Jawa yang jika ulet dan telaten bisa cepat panen dan menghadirkan keuntungan besar. Selamat mencoba. (len)


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form