Dukung Program Pengabdian Masyarakat PISHI, Humanity First: Sekarang Era Kolaborasi


Humanity First dukung program pengabdian masyarakat PISHI. (ist)



SARERHEA.COM - Humanity First Indonesia mendukung program Pengabdian kepada Masyarakat dan Pelayanan Sosial yang diadakan Perkumpulan Ilmuwan Sosial Humaniora Indonesia (PISHI) di Pulau Raas, Sumenep, Jawa Timur.

Kegiatan yang digelar pada tanggal 26 hingga 29 September 2020 itu berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, mulai dari Pemerintah Desa Ketupat, SMA Islam Baiturrahman, serta Yayasan Pendidikan dan Sosial Al-Jaziroh Kropoh.

Ketua Umum PISHI Dr. Wadji, M.Pd. menjelaskan tujuan dari kegiatan itu adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Pulau Raas yang secara geografis letaknya cukup jauh dari pusat pemerintahan.

Baca Juga: HUT Sumbar ke-77, Ini 10 Kata-Kata Bijak dalam Bahasa Minang, Cocok Jadi Status FB atau IG

Akses informasi yang terbatas menjadi alasan perlunya menyambut bola dengan mendatangi langsung pulau tersebut.

"Kami mempunyai program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dalam hal ini berkaitan dengan pendidikan, atau lebih tepatnya sosialisasi Kurikulum Merdeka. Kami melihat Pulau Raas ini sangat cocok untuk dijadikan tempat pelaksanaan PKM karena letaknya yang cukup terpencil," ujarnya.

Wadji menyebutkan, di perkumpulannya terdapat banyak ahli dari berbagai bidang yang siap memberikan ilmunya kepada masyarakat, tidak hanyak dalam bidang pendidikan.

Baca Juga: Program Pengabdian PISHI di Pulau Raas Tuai Apresiasi

"Anggota kami tersebar dari Sabang sampai Merauke. Memiliki latar belakang yang berbeda. Jika masyarakat Pulau Raas membutuhkan keahlian kami, kami sangat terbuka," tegas dosen asal Malang.

Selanjutnya, relawan Humanity First Indonesia, Sanusi, M.Pd. yang turut dalam rombongan ke Pulau Raas mengaku pihaknya sangat mendukung program PKM tersebut.

"Kegiatan semacam ini sebetulnya sangat sejalan dengan Humanity First. Kami memiliki program yang fokus dalam bidang pendidikan, yaitu Knowledge for Life. Maka dari itu, kami dan PISHI bersama-sama menyukseskan program pengabdian di Pulau Raas," ujarnya.

Baca Juga: Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar Atas Dugaan KDRT, Polisi Bilang Begini

Lebih jauh, Sanusi menjelaskan Humanity First bukan hanya organisasi amal yang fokus pada kebencanaan. Namun jauh dari itu juga berkontribusi dalam berbagai bidang sosial lainnya.

"Memang Humanity First selalu hadir di saat ada bencana, tapi di luar itu kami juga terus melakukan pekerjaan sosial. Salah satunya dalam bidang pendidikan, dimana kami telah membuat dan mengembangkan rumah belajar di beberapa daerah," jelasnya.

Sanusi juga menyampaikan, pihaknya telah membuat kesepakatan dengan PISHI untuk berkolaborasi dalam berbagai kegiatan sosial, bukan hanya bidang pengabdian.

"Banyak program PISHI yang sejalan dengan program kami di Humanity First, terutama dalam bidang sosial. Karena sekarang eranya kolaborasi, maka kedepannya akan ada lagi kegiatan bersama semacam ini. Tentu semuanya semata-mata untuk kemajuan bangsa ini," tegas Sanusi. (red)


Editor: Talhah LA

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form