Heboh Tanda SOS di Pulau Pari Dekat Jatuhnya Pesawat SJ-182, Begini Hasil Penelusuran Basarnas

Capture Google Maps yang menunjukan SOS di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. (Twitter) ||


JAKARTA-SARERHEA.COM,Tanda SOS di Pulau Laki, Kepulauan Seribu dekat lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 membuat publik terkejut.


Foto SOS di atas Pulau Laki itu pun beredar di media sosial yang merupakan hasil penelusuran di Google Maps beberapa hari terakhir. 


Tidak sedikit warganet yang meminta tim SAR meninjau lokasi tersebut.


Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Kawasan Puncak Bogor, Warga Diminta Segera Mengungsi


Warganet beranggapan masih ada korban selamat jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di pulau tersebut.


Menanggapi laporan tersebut, Basarnas melakukan penyisiran ke Pulau Laki dan tidak menemukan adanya tanda-tanda maupun penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak.


Hal tersebut dipertegas Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman MS.  Dirinya memastikan hasil pengecekan yang berlangsung, Rabu (20/1/2021) itu.


"Tidak ditemukan sesuatu," ujar Rasman seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.


Pernyataan itu diperkuat dengan unggahan video di akun Instagram Basarnas @sar_nasional. Dalam video tersebut tampak seorang personel saat tiba di Pulau Laki, Rabu sore.


"Rabu (20/1/2021), Tim SAR melakukan penyisiran ke Pulau Laki terkait beredarnya informasi signal SOS di pulau tersebut. Hasil penyisiran tim SAR tidak menemukan sesuatu di titik tersebut," tulis keterangan di akun @sar_nasional.


Baca Juga: Tagar #SJ182 Bergema Usai Pesawat Milik Sriwijaya Air Hilang Kontak, Warganet Panjatkan Doa


Sebelumnya, beredar foto di Google Maps tertulis 'tolong kita' di titik yang merupakan Pulau Laki. Tulisan tersebut kemudian berganti menjadi 'SOS',


Foto dan video tersebut kemudian dibagikan warganet di media sosial hingga menjadi viral. Postingan tersebut kemudian menimbulkan harapan masih adanya korban selamat atas tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Sabtu 9 Januari 2021.


"Kenapa ada alarm? Somebody save them," ujar salah satu warganet melalui akun Twitternya @nan****anukit*


"Aku try google pulau laki ni, and memang betul ada sign SOS ni," tambah akun @w***aaaaa* sambil mengunggah foto tangkapan layar dari Google Maps.


"Asli. Ini merinding woooooy. Ya Allah jam segini dpt updatean beginian. Tadi liat postingan dari salah saru akun di ig(pict 1) terus katanya di Pulau Laki ada sinyal SOS, bahkan sebelumnya 'Tolongin Kita'. Dan coba nyari di gmaps semdiri, ternyata beneran adaaa. Allahuakbar," tambah akun @@ho***mpaaak**.


Baca Juga: Masya Allah... Umat Muslim Palestina Gelar Shalat Gaib untuk Korban Pesawat SJ-182


Namun, tak sedikit warganet yang menganggap tulisan SOS seperti yang muncul di peta Pulau Laki dalam Google Maps tersebut ulah oknum tak bertanggung jawab alias palsu.


Pihak Google sendiri kini sudah menghapus ikon SOS maupun 'Tolong kita' tersebut. Namun pihaknya tidak merinci pihak yang membuat tanda atau ikon itu.


Kontributor: Sarerhea.com

Editor: Talhah L.A

Post a Comment

Previous Post Next Post