Gempa Bumi Guncang Bayah Banten, BMKG: Terasa Hingga Sukabumi dan Tangerang

Titik gempa Bayah Provinsi Banten. (Twitter/InfoBMKG) ||



BANTEN-ANTARA.CO,Gempa bumi dirasakan di wilayah Bayah, Provinsi Banten. Gempa dengan magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Bayah, Kamis (5/11/2020) pagi sekira pukul 05.21 WIB.


Menurut catatan Badan Meteorologi , Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di laut 74 kilometer barat daya Bayah.


"#Gempa Mag:5.2, 05/11/2020 05:21:49 (Pusat gempa di Laut 74 km BaratDaya Bayah), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) IV Panggarangan, II-III Sukabumi, II Pelabuhan Ratu , II Tangerang , #BMKG," cuit Twitter @infoBMKG


Pusat gempa di kedalaman 10 kilometer. Getaran gempa terasa hebat terutama di Panggarangan, Kabupaten Lebak dan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.


Gempa Bumi Magnitudo 3,7 Goyang Bayah-Banten Selasa Pagi


Sejumlah warga juga melaporkan getaran gempa terasa sampai Kota Sukabumi dan Tangerang.


Hingga berita ini ditulis, belum diketahui kerusakan bangunan serta ada tidaknya korban luka maupun jiwa.


Sebelumnya pada Selasa (27/10/2020) sekitar pukul 07.11 WIB, Bayah juga diguncang gempa bumi. Saat itu kekuatan gempa berkekuatan magnitudo 3,7 atau dengan kata lain dalam waktu dua pekan Bayah dua kali diguncang gempa bumi.


Bandung Diguncang Gempa Bumi Minggu Malam, Segini Kekuatannya


BMKG berpesan jika terjadi gempa dan tengah berada dalam gedung atau bangunan untuk melindungi  badan dan kepala dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dan cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan.


Sementara jika  berada di luar ruangan untuk sebisanya menghindari dari bangunan yang ada di sekitar seperti gedung, tiang listrik, dan pohon juga perhatikan tempat berpijak. Apabila terjadi retakan tanah segera berhindar.


Reporter: Sarerhea.com

Editor: Talhah L.A


Post a Comment

Previous Post Next Post