Proyek 'Jurassic Park' di Pulau Rinca Bikin Warganet Khawatir Nasib Komodo, Menteri PUPR Beri Penjelasan

Foto truk proyek berhdapan dengan Komodo yang jadi sorotan warganet. (instagram) || 


JAKARTA-SARERHEA.com, Rencana pembangunan 'Jurassic Park' di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur yang merupakan tempat habitat hewan langka Komoda menuai respon warganet. Warganet prihatin dengan proyek yang disebut dapat mengancam keberlangsungan Komodo.


Beredarnya foto Komodo menghadang sebuah truk yang masuk ke kawasan proyek semakin mengundang kegeraman warganet. Mereka berharap pemerintah pusat dapat membatalkan proyek yang disebut-sebut sudah direncakan sejak tahun 2010 ini.


Pantauan Sarerhea.com, di media sosial Twitter beredar tagar #SaveKomodo. Tagar ini merupakan bentuk respon warganet terhadap proyek yang sekilas dalam video yang beredar mirip taman-taman di film Jurassic Park.


Frustasi Akibat Hutang Pinjol, Seorang Pemuda di Duren Sawit Coba Bunuh Diri di Toilet Mini Market


Menanggapi hal itu, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu sudah dilakukan secara terpadu.


“Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pengembangan infrastruktur yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial dan ekonomi.” ujar Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR di pu.go.id.


Lebih lanjut Kemen PUPR juga memasan elevated deck pada ruas eksisting. Alat ini berfungsi sebagai jalan akses yang menghubungkan dermaga, pusat informasi serta penginapan ranger, guide dan peneliti, dirancang setinggi 2 meter agar tidak mengganggu aktivitas komodo dan hewan lain yang melintas serta melindungi keselamatan pengunjung.


Selain itu di kawasan tersebut juga dibangun sebuah penginapan untuk para ranger, pemandu wisata, dan peneliti, yang dilengkapi dengan pos penelitian dan pemantauan habitat komodo.


Kurang Fokus, Walikota Bogor Bima Arya Dua Kali Tijedug Saat Kunjungi Kebun Hidroponik


Sebagai informasi, Pulau Rinca merupakan sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Rinca beserta Pulau Komodo dan Pulau Padar merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Rinca berada di sebelah barat Pulau Flores, yang dipisahkan oleh Selat Molo.


Pulau ini juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO, karena merupakan kawasan Taman Nasional Komodo bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Motang.


Titik tertinggi pulau ini berada di Doro (Gunung) Ora, 670 m dpl. Di pulau ini hidup berbagai jenis binatang seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung. Pulau Rinca dapat dicapai dengan perahu kecil dari Labuan Bajo di Flores barat.


Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.


Reporter: Sarerhea.com

Editor : Talhah L.A


1 Comments

  1. Bukannya saya pesimis dengan proyek ini. Masalah apakah jika taman itu jadi dibangun bisa menjamin kelangsungan satwa disana? Kebanyak tidak.

    Bangun, kelar, tinggal. Ini prinsip disini. Taman-taman satwa di Indonesia jauh dari layak untuk satwa yang berada di dalamnya.

    https://www.keepburger.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post