Favoritnya Abang Bakso dan Mie Ayam, Begini Sejarah dan Filosofi Mangkuk Ayam Jago

Mangkuk ayam jago yang melegenda. (diadona.id) ||


JAKARTA-SARERHEA, Bagi pecinta kuliner khususnya bakso dan mie ayam tentunya tidak asing dengan mangkuk putih bergambar ayam jago. Bagi sebagian orang, mitosnya bakso atau mie ayam yang dihidangkan dengan mangkok ayam rasanya jauh lebih nikmat dibanding dengan yang tidak pakai mangkuk ayam.


Lantas bagaimana asal-asul kehadiran mangkuk ayam jago yang jadi favorit pedagang bakso dan mie ayam ini? 


Mangkuk lejen ini aslinya adalah buatan dari China. Hal ini bisa dilihat di bagian bawah mangkuk. Tertulis made in China. Bahkan mangkuk legendaris ini pernah dimunculkan pada salah satu film Stephen Chow yang berjudul “KungFu Hustle”. 


Kemunculan ini membuat beberapa publik sempat terheran-herang bagaimana mangkuk yang sering nampak ini ada di film Asia yang terkenal. Padahal ini mangkuk buatan China.


Logo ayam jago dalam mangkuk ini diperkirakan sudah ada sejak zaman Dinasti Ming. Usut punya usut, banyak yang mengemukakan bahwa mangkuk tersebut masuk pertama kali ke Indonesia lewat jalur perdagangan di masa kerajaan dahulu.


Di masa tersebut, banyak orang terutama pedagang dari China yang menyebar ke seluruh negara-negara di Asia untuk melakukan perdagangan. Salah satu dagangan yang dijual mereka adalah mangkuk makan yang bergambar ayam jago. 


Ternyata mangkuk yang bergambar ayam tersebut berhasil dipasarkan sampai di seluruh Asia. Dan seperti yang kita lihat sekarang mangkuk tersebut bertahan sampai sekarang.


Sementara itu pada masa Dinasti Qing, mangkuk ayam jago mulai diproduksi massal untuk masyarakat luas, sebab masyarakat kelas menengah ke bawah di Tiongkok pada masa itu, tak mampu membeli mangkuk-mangkuk bergambar naga, phoenix dan motif lainnya karena lebih mahal harganya.


Beda orang, beda arti. Jika bagi raja merupakan perhiasaan, lain halnya petani. Petani China kuno memaknai mangkuk ayam jago sebagai lambang kerja keras untuk mendapat kemakmuran.  Ini tidak terlepas dari kebiasaan  ayam yang selalu membangunkan mereka di pagi hari untuk segera bekerja di ladang.


Saat ini motif ayam jago yang ada di mangkuk, oleh tangan-tangan anak muda kreatif dikreasikan dalam bentuk t-shirt, topi, totebag, bahkan casing smartphone. Luar biasa bukan? Hmmm.. ngomong-ngomong, di rumah kamu ada mangkok ayam jago, gak nih? (rhe/tal)

Post a Comment

Previous Post Next Post