Pemberian Vaksin Corona untuk Warga Bogor, Pemkot Siapkan 25 Puskesmas



BOGOR-SARERHEA.com, Secercah harapan muncul di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum terlihat jelas kapan berakhir. Rencananya mulai November 2020, warga Kota Bogor akan mulai diberi vaksin corona.


Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, pemberian vaksin Corona akan dilakukan mulai November 2020 mendatang kepada warga Kota Bogor.


Pada tahap pertama, pemberian vaksin diberikan kepada tenaga kesehatan dan pelayan publik yang beresiko tinggi terpapar Corona.


“Kota Bogor menyiapkan Puskesmas Tanahsareal untuk pelaksanaan pemberian vaksin. Hari ini akan kita akan matangkan, jadi berdasarkan arahan Pak Menko (Luhut Panjaitan), kemungkinan besar pemberian vaksin jika tidak ada halangan akan dilakukan mulai Bulan November,” ungkap Bima Arya, Rabu (14/10/2020).


Pada tahap pertama, kata Bima, pemberian vaksin akan dilakukan terhadap tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik yang memiliki intensitas tinggi bertemu dengan banyak orang dan berisiko terpapar Corona.


Terkait jenis atau merek vaksin yang akan diberikan kepada warganya, Bima Arya belum mengetahui pasti. Saat ini pemkot Bogor tengah fokus kepada 25 puskesmas yang akan menjadi tempat pemberian vaksin.


Namun dikutip dari radarbogor.id, vaksin yang bakal digunakan untuk imunisasi Covid-19 tahap pertama di Kota Bogor, kemungkinan besar vaksin yang dikembangkan Sinovac. Sekadar informasi, Sinovac merupaakn perusahaan bioteknologi asal China yang tengah diuji klinis di sejumlah negara termasuk Indonesia.


Mengingat, vaksin asal China itu sedang menjalani uji klinis tahap III di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung.


Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim tak menampik kemungkinan Vaksin Sinovac yang akan diberikan pada 150 ribu warga Bogor. Namun dirinya lebih memilih menyerahkan semua kepada pemerintah pusat.


“Kita sih terima dari manapun (vaksin). sesuai arahan pemerintah pusat. dan kita belum tau asal dan merek yang mana,” pungkas  Dedie A Rachim.


Reporter: Sarerhea.com

Editor : Talhah L.A

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form