Inalillahi... Turki Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 7,0 SR

Gempa 7,0 SR mengguncang Turki. Bangunan hancur total. (Twitter) ||


TURKI-SARERHEA.com, Wilayah Turki dan Yunani, Jumat (30/10/2020) waktu setempat diguncang gempa dengan kekuatan 7,0 SR. Sejumlah bangunan dilaporkan rusak parah.


Menurut keterangan, pusat gempa berada di Laut Aegean. Setelah gempa, sempat terjadi tsunami dalam skala kecil.


Dikutip dari Daily Star, wilayah terparah yang terdampak gempa adalah Kota Izmir, Turki. Dalam foto yang beredar di media sosial nampak beberapa detik setelah gempa, wilayah kota dipenuhi debu yang berasal dari bangunan yang runtuh.


Prancis Diguncang Serangan Teror di Sebuah Gereja, Tiga Orang Tewas


Ilke Cide, seorang mahasiswa doktoral yang berada di wilayah Guzelbahce Izmir pada saat gempa bumi, mengatakan dia pergi ke pedalaman setelah air naik setelah gempa.


"Saya sangat terbiasa dengan gempa ... jadi saya tidak menganggapnya serius pada awalnya, tetapi kali ini sangat menakutkan," katanya, menambahkan gempa berlangsung setidaknya selama 25 detik." dilansir dari Al Jazeera.


Sejumlah bangunan di kota tersebut juga dilaporkan mengalami kehancuran total. Walikota Izmir Tunc Soyer menyebut hampir 20 bangunan runtuh .


Dalam cuitannya, Soyer mengatakan tidak ada laporan korban jiwa dari enam provinsi lain di mana gempa dirasakan tetapi menambahkan ada retakan kecil di beberapa bangunan.


Pemerintah Turki hingga kini belum mengonfirmasi jumlah korban gempa, baik yang meninggal  maupun mereka yang mengalami luka-luka. Pemerintah setempat menyebut proses pencarian korban masih terus dilakukan.


Sebagai informasi, Turki adalah salah satu negara paling rawan gempa di dunia. Lebih dari 17.000 orang tewas pada Agustus 1999 ketika gempa bumi berkekuatan 7,6 melanda Izmit, sebuah kota di tenggara Istanbul. Pada 2011, gempa bumi di kota timur Van menewaskan lebih dari 500 orang.





Reporter: Sarerhea.com

Editor: Talhah L.A

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form