Google Luncurkan Fitur Hum to Search Buat Kamu yang Inget Nada Lupa Lirik, Tapi....

Google Luncurkan Fitur Hum to Search. (dok.androidinfotech.com) || 


JAKARTA-SARERHEA, Pernah denger lagu dari penyanyi atau band, suka lagunya tapi gak tahu siapa yang nyanyi? Pengen searching di Youtube atau Google tapi ya itu tadi gak tahu judulnya cuma tahu nadanya doang. Tenang! Cukup bergumam saja.


Sebab baru-baru ini, Google meluncurkan sebuah fitur canggih bernama “Hum to Search”. Seperti namanya, fitur anyar ini akan memudahkan pengguna yang lupa lirik lagu tapi ingat nadanya.


Dikutip dari braintologi.com dengan fitur Hum to Search milik Google ini, pengguna tidak perlu repot-repot mengetikan potongan lirik di google, tapi pengguna hanya perlu menggumamkan nada lagunya saja sehingga fitur ini akan mencarikan lagunya dengan tepat.


Google bakal menampilkan sejumlah lagu yang telah ditelusurinya untuk pengguna. Tentu saja lagu-lagu itu memiliki nada yang serupa dengan yang digumamkan pengguna selama beberapa detik saja.


Tidak hanya menampilkan deretan lagu, Google juga bakal menampilkan informasi yang lebih detail seperti judul, penyanyi, album, lirik lagu dan informasi terperinci lainnya. Mantap kan?


Maish ada kejutan lainnya dair Hum to Seacrh ini, fitur itu tidak hanya bisa dioperasikan melalui Google Search saja, tapi juga bisa dijalankan melalui Google Assistant. 


Lantas bagaimana caranya?  Penggunacukup sederhana, kamu hanya perlu mengucapkan, “Hai Google, lagu apa ini?” atau menggunakan bahasa Inggris, seperti “Hey Google, what song is it?” kemudian kamu perlu menggumamkan nada lagu yang ingin dicari.


Google menyatakan bahwa fitur baru Hum to Search ini ditopang oleh teknologi mesin pembelajaran atau biasa disebut machine learning (ML). Teknologi ini bisa mengenali nada dan alunan lagu yang digumamkan atau dinyanyikan oleh seseorang.


“Kami telah merancang model machine learning yang dapat menyesuaikan nada, melodi, atau suara nyanyian Anda dengan tepat,” tulis pihak Google di laman resmi blognya.


Untuk menjalankan fungsi tersebut, berikut ini cara-cara mengaktifkan fitur Hum to Search untuk mencari sebuah lagu melalui mesin pencari Google, seperti yang dilansir dari laman 9To5Google.


-Masuklah ke laman Google Search


-Pada halaman utama mesin pencari Google, tekan ikon mikrofon yang terletak di bagian kanan kolom pencarian

-Setelah menekan ikon tersebut, katakanlah “Hai Google, lagu apa ini?”

-Kemudian nyanyikan nada lagu atau potongan lirik yang ingin kamu ketahui

-Google bakal memperlihatkan hasil penelusurannya berdasarkan nada lagu yang kamu nyanyikan.


Kini, fitur anyar Hum to Search sudah dapat diakses oleh pengguna smartphone Android. Kerennya, fitur ini sudah tersedia dalam 20 bahasa. 


Sedangkan buat pengguna ponsel iOS, perlu sedikit bersabar sebab fitur ini baru tersedia dalam bahasa Inggris saja. Kemungkinan besar, Google juga bakal menghadirkan bahasa lain dalam fitur ini untuk pengguna iOS. (bra/red/tal)

Post a Comment

Previous Post Next Post