Anak Broken Home, Apa Hambatan dalam Menjalin Hubungan Asmara?

Ilustrasi anak korban cerai. (Unsplash.com/Mojtaba Mohammadi) ||



BOGOR- SARERHEA.COM, Perceraian orang tua bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kesedihan bagi anak. Anak broken home yang bisa melewati fase perceraian orang tuanya dengan baik, namun sebagian tidak bisa. Ketika anak belum bisa berdamai dengan masalah ini, maka akan meninggalkan trauma.

Hambatan Anak Broken Home Dalam Menjalin Hubungan

Perceraian orang tua bisa membentuk post traumatic stress disorder. Berikut beberapa hal yang membuat anak broken home trauma menjalin hubungan, yaitu:

Baca Juga: Doa Hari Terakhir Bulan Syaban Dilengkapi Tulisan Arab, Latin, dan Artinya, Amalan Jelang Ramadhan

1. Takut Ditinggalkan

Perceraian orang tua tidak dapat dipungkiri akan meninggalkan rasa tidak aman dan ada ketakutan terabaikan. Terlebih, jika setelah adanya perceraian, kedua orang tua tidak bisa memberikan kasih sayang maksimal terhadap anak. 

2. Menganggap Percintaan Itu Sulit

Ketika menyaksikan kedua orang tuanya bertengkar dan berujung perceraian, maka anak berpikir bahwa percintaan itu merupakan hal yang rumit. Sehingga akan menimbulkan keengganan dalam menjalin hubungan asmara dengan orang lain.

Baca Juga: WAJIB TAHU! 3 Penyebab Gagal Lolos Verifikasi Selfie Daftar Gelombang 24 Kartu Prakerja

3. Pesimis Memulai Hubungan

Peristiwa perceraian bisa membuat anak tidak mempercayai bahwa sebuah hubungan dengan pasangan akan berhasil. Sikap pesimis yang timbul sebagai akibat melihat role model dari perceraian orang tuanya. 

Sehingga anak akan menyimpulkan bahwa hubungan orang tua yang gagal juga akan terjadi kepada anaknya. Apalagi jika hubungan tersebut masih dalam taraf berpacaran.

Baca Juga: SIMAK! Bacaan Doa saat Sahur, Bisa Dibaca saat Hendak Puasa Nisfu Syaban Maupun Qadha

4. Tidak Tahu Bagaimana Memulai Menjalin Hubungan

Saat melihat orang tua menyelesaikan masalah dengan teriakan, kekerasan bahkan perpisahan, maka perilaku ini bisa diresapi anak. Sebagai akibatnya, Anak tidak pernah mendapatkan contoh yang baik dalam menyelesaikan masalah dengan pasangannya. 

Hal ini menjadikan anak menjadi takut memulai menjalin hubungan percintaan. 

Doa Hari Terakhir Bulan Syaban Dilengkapi Tulisan Arab, Latin, dan Artinya, Amalan Jelang Ramadhan

5. Takut Tersakiti

Pengkhianatan, kekerasan fisik hingga perceraian orang tua bisa menimbulkan trauma tersendiri bagi anak. Sebagai dampaknya, anak bisa merasakan ketakutan mendapatkan perlakuan yang sama dari orang lain. 

Anak akan memilih cara yang agar tidak disakiti. Sehingga keputusan tidak menjalin hubungan asmara dengan orang lain menjadi pilihan.

Anak broken home harus memahami bahwa semua hubungan tidak selalu berakhir buruk. Ketika anak korban perceraian orang tua bisa mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang besar, maka akan mengurangi risiko trauma. 


Kontributor: Vita Suwarno

Editor: Talhah LA


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form